Thursday, March 22, 2012

Percobaan dengan Adobe Photoshop CS6 Beta (Tutorial singkat)

Halo, selamat pagi kawan-kawan. Hari Jumat hari ini adalah hari yang cukup membahagiakan bagi admin. Pengen tahu alasannya apa? Karena gebetan admin kemarin hari sudah menyelesaikan  UTSnya selama seminggu yang saya jamin soalnya 2 bahasa karena dia anak Bilingual di SMPnya downloadan Adobe Photoshop admin sudah selesai setelah admin menunggu sekitar 10-12 Jam untuk mendownload program beta ini (kecepatan rata-rata internet admin sekitar 57.0 kbps).
Btw, kalo mau langsung direct downloadnya bisa dibuka di sini (Windows) atau di sini (Mac) (Jangan lupa saat instalnya pilih Try. I want to try Adobe Photoshop CS6 for a limited time dan siapkan Adobe ID karena disitu bakalan ditanya ID anda. Kalau belum ada silahkan sign up paling butuh email password dan sebagainya. Untuk program ini paling installnya ada kali 10 menitan).
Untuk pengenalan dari software ini dapat kita lihat di bawah ini sekaligus video yang akan saya tampil dibawah ini
 
Dan kalau kita lihat menurut highlights yang ada dalam websitenya dapat kita lihat sebagai berikut
Dan jangan lupakan fitur dasar editing video yang benar-benar baru di progran ini. 
Sebelumnya bila anda sudah menginstal sesuai langkah-langkahnya maka akan ada 3 program yang muncul di menu Start-All Programs maka akan kita dapati 6 program yang saya akan beritahu dibawah ini (yang tandanya orange muda merupakan program yang didapatkan setelah kita menginstal Photoshop CS6 Beta, karena admin memakai Windows 7 Ultimate yang 64 bit maka admin memakai Photoshop yang 64 bit)

Dan bilamana kita membuka program dari Adobe CS6 Beta tersebut akan muncul startup screen macam seperti ini (code untuk Photoshop CS6 beta ini namanya Superstition, mungkin kalo udah final version akan kembali kepada nama aslinya yaitu Adobe Photoshop CS6/CS6 Extended)
Setelah muncul maka akan kita dapati interface yang benar-benar beda dibanding sebelumnya (interfacenya seperti kebanyakan program Adobe editing yang lain dimana warna dasarnya ialah abu-abu gelap hampir kehitaman.
Karena katanya fasilitas yang paling baru dari program ini adalah editing video secara dasar maka admin mencobanya dengan satu video yang judulnya HBD Hanan (buka lagi postingan ini dan videonya ada disitu). Loading videonya ya seperti ini paling beberapa detik tergantung besar videonya.
Dan kita dapati video yang kita bisa putar langsung di program ini dan enaknya kita bisa editing video ini walau nggak sebagus di Premiere Pro dan After Effects (saya punya programnya karena saya sempet ngedownload Adobe Master Collection CS 5.5 dan total datanya sekitar 5-7 gb). Fasilitas ini bisa jadi alternatif pemakaian Windows Live Movie Maker bilamana sudah bosan dengan program tersebut.
Saya rasa untuk meng-cut video ini cukup gampang. Arahkan jarum yang biasa berjalan saat video dan kemudian tekan tombol yang seperti gunting (Split at Playhead). Semisal seperti ini:
Maka kita bisa dapati akhirnya videonya tercutting sesuai apa yang kita inginkan semisal seperti ini:
Enaknya ngedit video disini ialah kita bisa ngatur beberapa semisal contrast di pilihan yang tersedia dalam Add an adjustment. Semisal saya nyoba ngatur brightness dalam video ini yang kita bisa lihat dibawah ini:
Dan sebenarnya masih banyak lagi fitur baru yang terdapat dalam program ini. Cuman karena sesi ini hanya untuk mencoba video editing yang ada dalam program ini mungkin di postingan berikutnya akan admin tunjukan fitur baru dalam pengeditan gambar dalam program ini. Akhir kata bilamana ada kesalahan baik dalam ucapan maupun konten yang digunakan dalam tutorial ini saya mohon maaf. Dan saya akhiri dengan mengucap Hamdalah bersama-sama.

No comments:

Post a Comment