Sunday, February 19, 2012

30 Tips bagaimana menghadapi Ujian Nasional 2012 dengan baik dan benar

Assalamualaikum Wr. Wb.
Para adik-adik/kakak-kakak sekalian yang akan mau menghadapi UN pada beberapa bulan kedepan. Admin saat ini akan sedikit membagi kunci sukses bagaimana kalian bisa melewati Ujian Nasional dengan hasil terbaik, barokah dan juga ada rasa puas dihati. Sebelumnya admin akan memberitahu jadwal UN menurut Permendikbud No 59 Th 2011, POS UN SD, SMP, SMA, SMK. Tanya Jawab UN 2011-2012 dan Presentasi Sosialisasi UN dari BSNP. Kalau Tidak ada halangan  maka jadwalnya akan seperti dibawah:

  1. Untuk yang SMA dan MA jadwal ujian aslinya tanggal 16-19 April 2012 susulannya 23-26 April 2012
  2. Untuk yang SMK dan SMALB tanggal 16-18 April 2012 susulannya 23-25 April 2012 
  3. Untuk yang SMP/Mts/SMPLB jadwalnya tanggal 23-26 April 2012 susulannya tanggal 30,1,3,4 Mei 2012 
  4. Untuk yang SD, SDLB, MI tanggal 8-10 Mei 2012 susulannya tanggal 14-16 Mei 2012 
Nah untuk mempersiapkan sebelum hari-H dari Ujian Nasional dimulai ada baiknya kita mengikuti beberapa tips yang diberikan admin (admin kebetulan agak berpengalaman soal ini)

  1. Buatlah impian terlebih dahulu jauh-jauh hari (min 2 bulan sebelum UN) dan tulis impian yang ada hubungannya dengan UN. Semisal kita berkeinginan mendapat nilai UN rata-rata total semua 40,00 (SMP) atau 60,00 (SMA) atau 30,00 (SD). Sebenarnya bila kita sudah menanamkan dasar macam itu niscaya niat dan usaha untuk berusaha mendapatkan apa yang kita inginkan akan lebih baik. Karena bila kita memang sudah niat, niscaya hasilnya akan lebih baik.
  2. Berdoalah dan beribadah dengan sungguh-sungguh. Berdoa dan beribadah adalah salah satu kunci sukses dalam mendapatkan hasil UN yang baik. Bila kita berdoa dengan sungguh-sungguh, niscaya kita bisa mengerjakan UN dengan mantap dan bila ada kesulitan niscaya pasti ada pertolongan yang tak terduga.Semisal kita rajin Shalat dan selesai Shalat membaca doa-doa dan dzikir.
  3. Lebih sering mendekatkan diri kepada Tuhan. Sebenarnya hampir sama dengan poin kedua, tapi ini lebih kepada perilakunya. Bila kita sudah berdoa dengan sungguh-sungguh dan diimbangi dengan ibadah-ibadah lainnya semisal yang Islam membaca Al-Quran dengan tajwid yang benar secara sering, berpuasa Sunnah (Daud, Senin-Kamis dsb.) min beberapa bulan sebelum UN, rajin Infaq dan Shadaqah kepada yang membutuhkan, perbanyak datang ke Majelis Pengajian. Niscaya anda akan lebih tenang dalam mengerjakan soal-soal UN.
  4. Banyaklah berbuat baik/berperilaku baik kepada setiap orang. Berperilaku baik kepada Orang tua, saudara, teman sebaya, guru dan sebagainya akan cukup berpengaruh terhadap bagaimana kita mengerjakan soal UN dengan baik. Secara tidak langsung, bila kita berperilaku baik maka terkadang (malah sering) orang yang kita perlakukan baik akan mendoakan kita agar kita bisa melalui UN secara baik dan mantap.
  5. Giatkanlah dan perbanyak waktu untuk berlatih soal. Berlatih soal adalah salah satu kunci sukses bagaimana kita bisa mengerjakan UN dengan baik. Cobalah membeli minimal 4 atau 5 buku kumpulan soal latihan untuk sebagai bahan referensi apa saja yang akan diujikan di Ujian nasional tahun ini. Semakin anda banyak mengerjakan soal, maka saya jamin soal-soal UN tidak akan jauh dari apa yang anda kerjakan. Saya sarankan berlatihlah dari buku latihan Pendalaman materi terbitan Akasia atau Erlangga sebagai materi referensi karena terkadang ada beberapa soal yang diambil dari buku tersebut. Bisa juga berlatih dari soal-soal UN tahun-tahun sebelumnya. Biasanya soal tahun sebelumnya tak begitu jauh perbedaannya dengan tahun ini. Ingat! Bila dalam buku soal terdapat kunci jawaban dari latihan yang kita coba, usahakanlah membukanya sesudah kita selesai mengerjakannya.
  6. Ikutilah pendalaman materi yang diadakan sekolah dengan serius. Pendalaman materi cukup membantu anda mengerjakan soal UN dan soal-soal yang diberikan di pendalaman materi yang diadakan sekolah terkadang tak akan jauh beda dengan soal UN sebenarnya. Berusahalah mengikutinya dengan fokus dan penuh konsentrasi. Bila diadakan siang, maka berusahalah untuk jangan sampai mengantuk pada waktu tersebut.
  7. Bila anda mengikuti bimbingan intensif untuk UN yang diadakan oleh lembaga bimbingan belajar terkemuka, ikutilah dengan serius dan jangan main-main. Simak apa yang diberikan oleh kakak pengajar dan kerjakan soal yang diberikan. Berusahalah untuk tidak menyontek dengan teman sebelah. Bila ada sesi pembahasan maka simaklah dengan serius. Jangan hiraukan teman sebelah saat mengerjakan ataupun saat sesi pembahasan kecuali kalau sangat penting. 
  8. Bila anda merasa kesulitan terhadap suatu masalah. Jangan ragu untuk bertanya. Tanyakan lah apa yang kita masih belum mengerti kepada teman yang sudah paham atau ke guru mata pelajarannya atau ke guru saat pendalaman materi atau juga ke kakak pengajar di bimbel kita. Bila masih kurang paham, jangan malu untuk bertanya lagi sampai kita paham 100%.
  9. Usahakanlah persiapkan fisik dan mental kita secara penuh. Jangan setengah-setengah. Hindarilah faktor perusak gizi semisal merokok, minum-minuman keras, terlalu banyak begadang dan sebagainya. Sebisa mungkin konsumsi makanan dan minuman yang kaya gizi semisal menu 4 sehat 5 sempurna. Hindarilah stress. Stress hanyalah untuk siswa pengcut. Sebisa mungkin bila anda ada stress hilangkan stress tersebut dengan cara yang aman dan diperbolehkan, bukan seperti merokok, minum-minuman keras dan sebagainya. 
  10. Saat belajar di rumah, sebisa mungkin kita siapkan "Mood Booster" agar kita bisa menerima materi secara penuh dan paham betul. Semisal kita bisa siapkan cemilan, atau kopi atau teh dan juga jangan lupa bila anda lebih senang mendengarkan musik saat belajar maka setelah musik kesukaan anda saat belajar. Niscaya anda bisa menerima materi dengan baik.
  11. Jangan sampai anda terjebak dalam perilaku yang kurang baik. Sebisa mungkin bila anda mempunyai dosa yang banyak, segeralah bertaubat kepada Tuhan. Karena setelah bertaubat niscaya doa yang kita ucapkan akan lebih mudah untuk diwujudkan oleh Tuhan. 
  12. Sering-seringlah mengikuti acara try-out yang diadakan berbagai pihak atau kerjakan soal Try-out yang diadakan sekolah/diknas secara sungguh-sungguh. Try-out yang diadakan oleh pihak luar terkadang juga sebagai alat sosialisasi kita kepada kawan baru. Usahakan mengerjakan soal try-out dengan sungguh-sungguh dan jangan sampai menyontek. Try-out cukup berguna sebagai bahan gambaran nilai kita nanti saat UN. Bila saat Try-out mendapat nilai jelek, maka berusahalah untuk lebih giat belajar. Bila sudah bagus, maka usahakan pertahankan nilainya seperti itu.
  13. Seringlah berdiskusi dengan teman sebaya. Ini penting agar kita bisa tahu apa yang teman sudah paham dan apa yang belum paham. Bila kita paham sedangkan teman kita belum paham. Cobalah untuk membagi ilmu yang kita punya dan juga sebaliknya. Karena ilmu semakin dibagi tidak akan habis, justru akan bertambah.
  14. Persiapkan alat tulis yang akan dipakai sebelum Hari-H berlangsung. Pensil 2B yang baik, penghapus yang baik dan hasil hapusan yang halus (Saya kalau pensil 2B dan penghapus lebih merekomendasikan yang buatan Faber-Castell terutama untuk penghapusnya saya memilih yang Penghapus EBTA/SPMB warna abu-abu), rautan kecil atau rautan besar untuk hasil lebih tajam (untuk rautan dengan hasil tajam dan lancip sempurna saya merekomendasikan Rautan besar buatan Carl terutama yang seri Angel), papan jalan, kartu UN, dan beberapa hal lain yang dibutuhkan.
  15. Sebisa mungkin kurangi pemakaian handphone, komputer dan gadget, terutama satu bulan sebelum UN. Intensifkan diri anda untuk belajar lebih giat. Karena kalau ada barang tersebut saya jamin bila anda ada barang tersebut niscaya konsentrasi anda akan berkurang.
  16. Minta maaflah kepada orang yang kita pernah sakiti ataupun kepada siapa saja. Karena takutnya ada orang yang tidak ikhlas dan mengakibatkan kita mendapat nilai UN yang tidak memuaskan.
  17. Sebisa mungkin saat sebelum UN jangan sampai begadang. Belajar saat sebelum UN sebisa mungkin cukup sebagai pengingat bukan untuk belajar keras. Bila anda menggunakan sistem kebut semalam, niscaya anda akan kurang konsentrasi saat mengerjakan UN. Kalau bisa tidur lebih awal dibanding hari-hari sebelumnya.
  18. Saat sesi perenungan/muhasabah (biasanya setiap sekolah pasti ada seminggu atau beberapa hari sebelum UN), usahakan sesi tersebut benar-benar dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Usahakan pada sesi tersebut digunakan sebagai perenungan agar kita berbuat lebih baik lagi dan memberikan motivasi lebih agar kita bisa mengerjakan UN dengan sebaik mungkin.
  19. Usahakan pagi sebelum UN tanamkanlah beberapa kata-kata positif semisal "Saya bisa mengerjakan UN dengan hasil sebaik mungkin." Efek dari The Law Of Attraction ternyata sangat mempengaruhi apa yang kita dapatkan saat nanti. Jadi bila kita sudah berpikiran positif saat pagi sebelum UN niscaya anda akan lebih yakin dalam mengerjakan UN.
  20. Datanglah ke sekolah lebih baik satu jam sebelum UN diadakan. Saat di sekolah berusahalah mengecheck segala perlengkapan yang diperlukan saat UN agar kita bisa mengerjakan lebih baik.
  21. Saat sebelum UN dimulai, sebaiknya kita berdoa menurut agama masing-masing. Agar kita lebih dimudahkan dalam mengerjakan soal. Dan saat mengerjakan soal, sebaiknya untuk yang Islam membaca Bismillah terlebih dahulu.
  22. Isilah kolom nama, tanggal, mata pelajaran dan sebagainya terlebih dahulu sebelum mengerjakan soal dengan bulatan pensil 2B yang rapih dan bersih. Karena hal itu cukup berpengaruh saat dikoreksi nanti.
  23. Saat sudah dibagikan soal, coba check soal yang dibagikan tersebut apakah sudah sesuai dengan paket kita dan berapa jumlah soal yang terdapat dalam soal sudah sesuai atau belum. Check dengan teliti di tiap halaman soal. Kalau ada kesalahan, soal tersebut sebaiknya dikembalikan segera ke pengawas untuk mendapat soal yang sesuai.
  24. Dengarkan instruksi dari pengawas dengan seksama. Bila ada yang kurang jelas mohon ditanyakan ke pengawas.
  25. Bila ada soal atau gambar yang kurang jelas, tanyakan segera ke pengawas. Siapa tahu pengawas kita akan menjelaskan soal atau gambar yang kurang dipahami itu.
  26. Setelah selesai, periksa kembali jawaban yang kita jawab. Manfaatkan sisa waktu untuk mengkoreksi ulang hasil pekerjaan kita tadi.
  27. Jangan terlalu terburu-buru dalam mengerjakan soal UN. Sebisa mungkin kerjakan dengan pelan-pelan dan teliti.
  28. Bila sudah selesai sebaiknya kita mengucapkan kata syukur (Untuk yang Islam kalau sudah selesai membaca Hamdalah).
  29. Bila ada waktu, untuk yang Islam sempatkanlah Shalat Dhuha sesudah mengerjakan UN. Dan bagi agama lain dapat disesuaikan.
  30. Jangan terlalu berpikir akan apa yang dikerjakan tadi. Serahkan saja pada Tuhan karena Dia yang memutuskan apa mendapat hasil bagus atau dia. Karena pada akhirnya segala usaha yang kita lakukan Tuhan yang akhirnya memutuskan juga.
Demikian tips yang admin berikan. Kurang lebihnya mohon maaf bila ada kesalahan kata. Pada akhirnya saya ucapkan terima kasih.
Wassalamualaikum. Wr. Wb. 



No comments:

Post a Comment